ghee na chan. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Container Icon

Sociopreneur


ini tulisan yg dh lama kesimpen di laptop tentang 'Sociopreneur' bagiku, sebenernya ini ditulis buat tugas  kuposting disini berharap bermanfaat bagi orang banyak :D




Sociopreneur, bermanfaat bagi orang banyak.

Sociopreneur, mungkin masih banyak orang yg masih merasa asing dengan istilah ini. Maknanya tak berbeda jauh dari Enteurpreneur. Eterpreneur sendiri berarti seseorang yg memiliki bakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.

Sociopreneur pun bermakna sama hanya ruang lingkupnya lebih luas. Bukan hanya membuat produk baru, memasarkannya dan mengatur modal operasinya. Seorang Sociopreneur tak hanya memikirkan keuntungan pribadi saja. Tapi juga mengungkan dan bermanfaat bagi orang banyak. Ia juga harus bisa memanfaatkan sumber daya yg ada disekitarnya sebaik-baiknya.

Misalnya didalam suatu daerah banyak sumber daya manusia dan di wilayah yg sama pula terdapat sumber daya alam yg bisa di manfaatkan menjadi sumber penghasilan warga sekitar. Sebagai seorang Sociopreneur ia harus bisa merubah sumber daya alam tersebut menjadi sesuatu yg mempunyai nilai jual. Dan juga bisa mengorganisir dan memfasilitasi sumber daya manusia yg ada untuk bisa merubah sumber daya alam itu juga. Setelah menjadi sesuatu yg memilik nilai jual sang Sociopreneur juga harus tahu kemana akan memasarkan produk tersebut.

Menjadi seorang Sociopreneur artinya bemanfaat dan membantu orang banyak. Sebuah pekerjaan mulia bukan. Masyarakat disekitar pasti terbantu dengan hadirnya inovasi atau ide-ide dari seorang Sociopreneur. Pengangguran pasti akan berkurang, penghasilan masyarakatpun akan bertambah.

Pada intinya seorang Sociopreneur memiliki kemampuan memproduksi, mengorganisir, dan memasarkan sebuah produk dan apa yg ia lakukan bermanfaat bagi orang banyak. Siapun yg ingin bermanfaat bagi orang banyak dan lingkungannya bisa mencoba menjadi seorang Sociopreneur.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar