ghee na chan. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Container Icon

Kenal Lebih Dekat dengan Ginjal yuk



Apakah anda tahu seberapa pentingnya ginjal untuk tubuh manusia?.  Akhir-akhir ini pemberitaan tentang penjulan organ ginjal illegal yang sering  Saya dengar. Membuat Saya makin penasaran dengan organ ginjal ini. Nah, sekarang mari kita mengenal lebih jauh tentang ginjal.
 Tubuh manusia memiliki 2 ginjal yang terletak dekat tulang belakang. Bentuk ginjal mirip kacang dengan lebar 6 cm dan panjang 12cm untuk ukuran orang dewasa.   Ginjal memiliki tugas dan peranan sangat penting untuk tubuh manusia.  Dalam 1 menit saja ginjal menerima 1 liter darah. Kemudian diproses dengan menyaring  zat-zat sisa yang sudah tak diperlukan oleh tubuh. Kemudian mengubah zat sisa tersebut menjadi urine lalu dikeluarkan oleh tubuh.

Dan dikutip dari klinikdokter.com inilah beberapa fungsi pokok ginjal untuk tubuh, antara lain:

·  pemeliharaan keadaan stabil dinamis lingkungan cairan tubuh,
·  memegang peranan penting dalam pembuangan sisa-sisa metabolisme,
·  regulasi volume esktraselular,
·  keseimbangan elektrolit,
·  dan keseimbangan asam dan basa tubuh
Sangat penting bukan peran ginjal untuk tubuh kita?. Lalu bagaimana nasib orang-orang yang memiliki 1 buah ginjal. Manusia memang bias hidup normal dengan 1 buah ginjal. Namun dari tahun ke tahun fungsi ginjal akan terus menurun. Dan ginjal yang bekerja sedirian, akan semakin cepat lelah. Jika ginjal sudah tak berfungsi dengan baik lagi. Cuci darah harus rutin dilakukan bahkan mereka juga harus mendapatkan tranplatasi ginjal jika sudah parah.

Untuk menjaga kesehatan ginjal. Banyak-banyaklah meminum air putih. Ingat manusia itu membutuhkan banyak cairan untuk tubuh.  Biasakan minum air putih 1,5 – 2 liter perhari. Makan makanan sehat, seimbang kalori dan nutrisinya. Agar ginjal dan tubuh kita sehat selalu.  

#NulisRandom2017 #Day11

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar